Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Melalui Inisiatif Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Dari Limbah Bonggol Pisang

Authors

  • David Smith Institut Teknologi Maju Author

Keywords:

Bonggol Pisang, Pupuk Organik Cair

Abstract

Program Mahasiswa KKN telah melaksanakan tindakan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan kampanye dan penyuluhan tentang cara membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari bonggol pisang. Sasaran dari program ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat, terutama para petani, untuk menggantikan penggunaan pupuk kimia dengan POC, 2) mendukung peningkatan pendapatan para petani dalam sektor pertanian. Pelaksanaan program pengabdian ini dimulai dengan metode penyuluhan, pelatihan, dan pelaksanaan praktik langsung oleh masyarakat. Hasil yang diperoleh meliputi: (1) peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang potensi dan manfaat POC, (2) kesadaran masyarakat tentang proses pembuatan POC yang dapat mereka lihat secara langsung, (3) dampak positif POC terhadap pertumbuhan tanaman.

References

Candra A, Azizul P, Q, 2017. Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Dari Bonggol Pisang Melalui Prose Fermentasi. Prodi DIII Teknik Kimia Departemen Teknik Kimia Industri Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya 2017.

Handayani, S.H. (2015). Uji Kualitas Pupuk Organik Cair dari Berbagai Macam Mikroorganisme Lokal (MOL).

Lingga., P. (1991). Nutrisi Organik dari HasilFermentasi. Yogyakarta: Pupuk Buatan Mengandung Nutrisi Tinggi.

Munadjim (1983). Teknologi Pengolahan Pisang. Jakarta: Gramedia.

Salma, 2015. Pembuatan MOL Dari Bahan Baku Lokal Sebagai Dekomposer dan Pemacu Tumbuh Tanaman. Bogor: Balai Penelitian Tanah.

Tandjung, S.D., 2003. Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Laboratorium Ekologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada.

Wulandari, R. R. (2009). Penerapan MOL (Mikroorganisme Lokal) Bonggol Pisang Sebagai Biostarter Pembuatan Kompos. Surakarta: Universiras Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Melalui Inisiatif Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Dari Limbah Bonggol Pisang. (2023). Journal of Sustainable Community Development, 1(1), 6-10. https://journal.midpublisher.com/index.php/jscd/article/view/12